Esperanza 2008 – Indonesia

Greenpeace ship the MY Esperanza © Greenpeace/Beentjes

Sepanjang bulan Oktoer dan November 2008, Kapal Greenpeace Esperanza akan melakukan pelayaran di Indonesia untuk menunjukan kepada semua orang di dunia bahwa melindungi hutan yang tersisa adalah suatu keharusan jika kita serius untuk menghadapi perubahan iklim.

Hutan sangat penting untuk bumi.  Hutan adalah ekosistem terkaya – menutupi delapan presen dari seluruh permukaan bumi dan merupan dumah untuk dua pertiga spesies tumbuhan dan hewan. Jutaan orang bergantung kehidupannya pada hutan untuk memenuhi kebutuhan makan, air, obat-obatan dan bahan-bahan dasar lainnya.

Hutan juga penting sebagai pengatur iklim global dan pola-pola cuaca, yang merupakan sistem-sistem penting dari lingkungan hidup yang mendukung kehidupan di bumi. Menghancurkan hutan akan melepas emisi gas rumah kaca (GRK) yang memnyumbang pada perubahaan iklim – salah satu dari penyebab emisi adalah penghancuran hutan.

Indonesia memilki sebagian besar wilayah hutan alam yang tersisa di bumi ini, seperti di Pulau Papua, Sumatera dan Kalimantan. Tetapi saat ini hutan mengalami ancaman besar, para pembalak berpindahke areal baru dan tuntutan dari perluasan besar-besaran industri kelapa sawit.

Saat ini Indonesia sebagai peghasil kelapa sawit terbasar  di dunia dan merencanakan perluasan  perkebunan untuk memenuhi kebutuhan minyak kelapa sawit untuk kebutuhan makanan, kosmetik, sabun cuci dan minyak nabati. Indonesia saat ini menempati peringkat ketiga negara penghasil emisi gas rumah kaca dan dengan tingkat deforestasi yang tercepat. Jadi, Dengan melindungi hutan adalah sesuatu yang sangat penting untuk melawan perubahaan iklim yang saat ini sedang terjadi.

Kapal Esperanza akan berlayar di wilayah nusantara untuk menunjukan keindahaan yang maha dasyat dari hutan indonesia dan lahan gambut, dan akan terus mengingatkan bahwa penghancuran hutan di Indonesia masih terus berlangsung. Kami akan mengumpulkan bukti-bukti kegiatan perusahaan-perusahaan yang melakukan perluasaan dengan penghancuran hutan. Fokus dari pelayaran ini pada penghancuran hutan yang di akibatkan perkebunan kelapa sawit, tapi tentu masih banyak faktor lain termasuk perusahaan penebangan dan penambangan. Dan kami pun memberika solusi pada masalah tersebut dalam waktu panjang serta pendek sehingga hutan dapat terlindungi.

Saat ini ¾ hutan indonesia telang hilang atau beralih fungsi, dan jika kita tidak bertindak secepatnya maka hutan yang tersisa saat ini akan hilang di yang di sebabkan oleh gergaji mesin dan kepulan asap. Tapi tidak terlambat untuk menyelamatkan ini jika kita bertindak sekarang!

12 Tanggapan so far »

  1. 1

    Ardy Pratama said,

    Saya berharap pelayaran ini akan lebih menyadarkan rakyat Indonesia khusunya mengenai dampak dari perubahan iklim yang terjadi. Banyak masyrakat yang kurang mnyadari hal ini karena kurangnya pengetahuan mereka. Saya berharap greenpeace bisa menjadi pioner untuk mengadakan penyuluhan2 di sekolah, lingkunagn masyarakat, dengan mengadakan workshop aau seminar mengenai lingkungan hidup.

    Jujur saja saya sangat prihatin dngan apa yang terjadi dengan hutan Indonesia. Seblum terlambat, ayo bersama-sama kita jagan hutan kita. Kita berikan edukasi terhadap masyarakt luas tentang pentingnya menjaga hutan.

  2. 2

    ruly said,

    jangan lupa singgah ke Sumatera, kalau bisa ke Medan, soalnya kan disini juga bnyk perkebunan kelapa sawit..
    hidup Greenpeace!

  3. 3

    arthur kemal said,

    saya dukung greenpeace !!
    tunjukkan keindahan alam indonesia di mata dunia!
    juga tunjukkan eksploitasi-eksploitasi para pengusaha yg telah merusak ekosistem dan hutan alami di indonesia , semoga usaha kalian slalu dilihat dan dindengar para pemimpin.

    thx
    http://www.esgrim-soklat.co.cc

  4. 4

    Lia Treana said,

    Thanks we have all of you.
    Hidup Greenpeace!!!!

  5. 5

    keep up the good work … Indonesian people need a big campaign to save the forest from being destroyed only to feed the greedy and wealthy companies

  6. 6

    nando said,

    lets go we serv the earth,

  7. 7

    bobby said,

    hmmm…gw bingung nih. greenpeace fokusnya cuma penyelamatan hutan yak?
    trs gmn soal batu bara di indonesia yang memang cukup memberikan kontribusi dalam perubahan iklim. tapi mungkin memang hutan di indonesia sudah parah kerusakannya hingga harus segera diselamatkan. atau mungkin gp menunggu dampak dahsyat yang disebabkan oleh penggalian batu bara. oopss…

  8. 8

    didin said,

    Selamatkan Hutan.
    Selamatkan Hadiah terbaik Indonesia untuk dunia.

  9. 9

    asfi said,

    mampir ke bangka, merapat di pelabuhan belinyu…ditungguu…:)

  10. 10

    Henry said,

    Dari Indonesia untuk Dunia..

    “Hutan yang Tersisa”

    Terimakasih Greenpeace.

  11. 11

    Rama said,

    i’m with u greenpeace…!!!

    i think we should kill d’boss behind d’company who destroyed this earth….!!!!!!

    wish they’ll go to d’most worst hell soon….!!!!!!!!!!!!!

  12. 12

    Rama said,

    i’m going 2 tanjung priok on december….

    esperanza….i’m comin….hehehe…


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: