Gereja tergenang, hutan keracunan: apakah ini akibat perubahan iklim?

An abandonned church in Yeretuap village, Papua © Greenpeace/Rante

Gereja yang hancur di desa Yeretuap, Papua © Greenpeace/Rante

Ekspedisi ini benar-benar sebuah pendidikan. Misalnya, sejak aku ikut kapal ini aku banyak belajar mengenai bagaimana informasi dikumpulkan untuk berbagai kampanye kami. Aku banyak menghabiskan waktu di kantor Greenpeace di London, dan dengan pergi sendiri ke lapangan banyak hal menjadi jelas.

Misalnya penerbangan dengan helikopter hari Senin lalu. Selain kegiatan pembalakan liar yang ditemukan oleh tim, mereka juga menemukan sebuah pemandangan menarik. Ketika mereka kembali ke Esperanza, Bustar menunjukkan kami gambar-gambar sebuah gereja di pinggir pantai yang mereka lalui. Gereja itu sebagian tergenang air dengan ombak yang berdebur di pintunya. Dia juga mengambil gambar hutan yang mati di sekitarnya, dimana air laut masuk dan membanjiri hutan sekitar dan meracuni pohon-pohon dengan air laut.

Asumsi kami langsung mengarah pada kenaikan permukaan air laut, dan ini tampaknya didukung oleh fakta bahwa desa Yeretuap yang pernah berada di sekitar gereja telah pindah lebih ke arah hulu. Tetapi walaupun gambar-gambar ini dapat menjadi bukti kuat bagi pekerjaan kampanye perubahan iklim, hal ini tetap harus diinvestigasi lebih lanjut.

The sea rushed in an poisoned this forest near Yeretuap village © Greenpeace/Rante

Air laut menyerang hutan yang keracunan di hutan dekat desa Yeretuap © Greenpeace/Rante

Jadi jadwal penerbangan heli ditambah untuk kembali ke desa itu. Bustar pergi dan berbicara dengan beberapa orang desa setempat untuk menanyakan apa yang telah terjadi. Dan mereka mengatakan bahwa desa mereka terpaksa pindah ke tanah yang lebih tinggi bukan karena permukaan air laut yang meningkat tapi karena tsunami yang melanda desa mereka pada tahun 2002.

Mungkin kita akhirnya tidak mendapat cerita besar tentang perubahan iklim, tetapi ini contoh baik bagaimana temuan awal dalam perjalanan riset kami tetap didukung oleh investigasi yang lebih mendalam (juga peringatan agar tidak dengan cepat menyimpulkan sesuatu). Hal yang sama juga berlaku dengan dugaan pembalakan liar yang kami temukan dalam salah satu penerbangan, investigasi dilakukan dari atas kapal dan dari kantor kami di Jakarta sebelum informasinya diumumkan. Dalam pekerjaan ini, kami harus yakin fakta-fakta yang digunakan adalah benar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: