Tim kami menemukan pembalakan liar di Papua Barat

Merbau logs are loaded onto barge in Kaimana, West Papua, despite the company's permit being suspended © Greenpeace/Rante

Kayu merbau berada di tempat penampungan sebelum dilakukan pengiriman©Greenpeace/Rante

Kami telah melihat beberapa ancaman terjadi di hutan Papua dan Papua Barat, terutama pembalakan, Pembukaan jalan untuk pembalakan, pembangunan kamp-kamp kecil dan kegiatan penghancuran hutan skala besar di dekat Jayapura, oleh produsen minyak kelapa sawit Sinar Mas. Kemudian, pada hari Senin, tim Kami menemukan sebuah tempat pembalakan liar telah telah terjadi.

Tim kami terbang melalui wilayah Kaimana di Papua Barat dimana dua perusahaan HPH masih beroperasi, namun setelah di selidiki izin mereka telah habis pada awal tahun ini. Pada bulan juli kepolisian telah menangkap dua orang kepala perusahaan – PT. Centrio dan PT. Kaltim Hutama – karena melanggar UU kehutanan Nasional akibat melakukan pembalakan di wilayah luar ijin yang dimilikinya.

Tim kami tidak melihat secara langsung kegiatan pembalakan, Tetapi mereka melihat kayu-kayu bulat yang akan di muat ke atas kapal besar di dua tempat penampungan kayu (dimuara sungai sebelum kapal itu dikirim keluar). Dengan izin yang sudah di tangguhkan, seharusnya tidak ada sudah tidak ada lagi apapun bentuk kegiatan pembalakaan. Dan kayu-kayu itu adalah jenis merbau, jenis kayu dengan nilai harga yang sangat tinggi dan rentan dari kebakaraan.

Apa yang kami lihat di awal minggu ini menunjukan betapa sulitnya untuk dapat melindungi hutan. Tanpa adanya undang-undang dan manajemen yang baik, akan banyak sekali perusahaan yang tidak bertanggung jawab di daerah terpencil akan beroperasi tanpa izin.

Solusinya? Dalam waktu yang pendek, jeda sementara (moratorium ) pada semua konversi hutan di Indonesia – Pada akhir bulan ini di Jakarta kami akan membicarakannya lagi kepada kementerian yang terkait. Tetapi moratorium ini di lakukan untuk sementara waktu kita berfikir, memberi kesempatan untuk menata ulang untuk membenahi krisis yang terjadi. Menata apa yang dapat dilakukan pemerintah dan bantuan yang diterima dari Internasional. Proposal pendanaan “forest for Climate” yang kami ajukan untuk melindungi hutan di seluruh dunia dapat terlaksana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: